Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Sambal Terong yang Bikin Lidah Bergoyang

Rahasia Sambal Terong yang Bikin Lidah Bergoyang

Nomiyamaki.com - Sambal terong adalah sajian yang menggabungkan dua bahan utama, yaitu terong dan sambal. Terong yang dipilih harus segar dan berkulit kenyal, sementara sambal dibuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi untuk mencapai rasa yang sempurna. Namun, inilah saatnya bagi koki untuk berinovasi dengan mencoba berbagai varian terong dan bumbu sambal yang jarang digunakan sebelumnya. Misalnya, terong ungu atau putih, yang memiliki cita rasa lebih ringan dan tekstur yang berbeda, bisa digunakan untuk menciptakan tampilan yang menarik dan berbeda dari sambal terong biasa.

Mari kita eksplorasi berbagai rasa untuk sambal yang unik. Kombinasi manis, pedas, asam, dan gurih adalah kunci utama dalam menciptakan sambal yang memukau lidah. Misalnya, Anda bisa mencoba menambahkan gula aren yang memberikan sentuhan manis alami, atau mencampurkan asam segar dari buah jeruk nipis untuk mengimbangi rasa pedasnya. Tak hanya itu, Anda juga bisa bermain dengan berbagai macam bumbu dan rempah, seperti serai, lengkuas, atau kaffir lime leaves untuk memberikan aroma yang menggugah selera.

Sambal sudah tidak asing lagi bagi pecinta kuliner Indonesia. Ada banyak sekali varian sambal yang bisa diolah dan digunakan sebagai pelengkap menu makan, misalnya sambal bawang, sambal terasi, sambal terong dll. Sambal terong salah satu menu favorit aku yang sayangnya suamiku nggak doyan terong. Kalau masak menu ini otomatis cuma aku yang habisin heheh. Langsung saja aku share ya cara masaknya.

Cara Membuat Sambal Terong Ungu Balado

  • Resep Sambal Terong:
  • 2 buah terong hijau
  • 2 potong tempe
  • 2 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • ½ ons cabai merah besar
  • Cabai rawit sesuai selera
  • Secukupnya gula
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya penyedap

 Cara Memasak Sambal Terong:

  1. Bersihkan terong kemudia iris tipis-tipis
  2. Bersihkan bawang merah dan bawang putih kemudian potong dengan ukuran sekitar 1 cm
  3. Bersihkan cabai rawit dan cabai merah kemudian potong dengan ukuran sekitar 1 cm
  4. Goreng semua bahan hingga matang
  5. Uleg bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan cabai merah hingga halus kemudian tambahkan terong dan tempe yang sudah digoreng sebelumnya.
  6. Setelah semua dihaluskan kemudian masak kembali agar sambal lebih awet dengan menambahkan garam, penyedap, dan gula sesuai selera.
  7. Koreksi rasa kemudian sambal terong siap disajikan

Untuk terong bisa juga menggunakan terong ungu sesuai seler. Kalau aku lebih suka rasa terong hijau soalnya. Selamat mencoba.