Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Bumbu Dasar Merah - Rahasia dalam Rasa yang Memikat

Bumbu Dasar Merah

Nomiyamaki.com - Sebagai emak-emak yang harus berjibaku dengan banyaknya aktivitas di rumah, pasti ingin segala sesuatunya jadi lebih praktis, simple, dan hemat waktu. Salah satunya adalah untuk moment memasak. Bumbu dasar merah merupakan salah satu cara agar masak lebih simple dan menyenangkan.

Bumbu dasar merah adalah salah satu bumbu yang paling sering digunakan dalam masakan Indonesia. Rasa yang kaya dan warna merah yang menarik membuatnya menjadi salah satu elemen kunci dalam berbagai hidangan tradisional. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah cara membuat bumbu dasar merah yang lezat dan memberikan informasi yang jelas dan detail tentang bumbu ini.

Bumbu dasar merah bisa digunakan untuk membuat balado, sambel goreng, rendang, nasi goreng pedas juga bisa lho. Nah aku share ya bahan-bahan sama cara membuatnya.

Bahan-Bahan:

  • 250 gram bawang merah
  • 100 gram bawang putih
  • 50 gram kemiri
  • 1 buah tomat
  • 1 ons cabai merah besar
  • secukupnya cabe rawit
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Kupas bawang merah dan bawang putih sampai bersih kemudian potong menjadi beberapa bagianIris cabai kurang lebih 1 cm dan juga tomat
  2. Masukkan semua bahan ke dalam blender kemudian haluskan
  3. Masak hingga warna berubah menjadi merah tua (sampai matang)
  4. Tunggu sampai dingin, kemudian kemas dalam wadah tertutup rapat.
  5. Bumbu dasar merah siap digunakan

Tips dan Trik untuk Bumbu Dasar Merah yang Lebih Baik

  1. Jika Anda menyukai rasa pedas yang ekstra, Anda dapat menambahkan lebih banyak cabai rawit atau menggunakan cabai rawit yang lebih pedas.Gunakan gula merah yang berkualitas baik untuk mendapatkan rasa yang autentik dan manis yang lezat.
  2. Simpan bumbu dasar merah dalam wadah kedap udara di dalam kulkas untuk daya tahan yang lebih lama. Anda juga dapat membekukannya dalam bentuk es batu untuk kemudahan penggunaan di kemudian hari.
Kalau aku sih biar lebih awet biasanya ku taruh di freezer. Jangan lupa setiap ambil pakai sendok baru dan bersih ya biar tetep awet bumbunya. Selamat mencoba.